Selasa, 30 April 2013

resep buntil daun singkong dan pepes tahu

buntil tuh campuran sambal kelapa dan ikan asin atau ikan teri yang dibungkus daun singkong atau daun pepaya yang telah direbus. kemudian diikat  dan disiram dengan kuah.. bisa kuah merah (balado) atau kuah kuning (kare). tapi kali ini buntil yang saya bikin (masih) versinya ibu saya gak pake diiket (tapi dibungkus pakai daun pisang) dan gak disiram kuah.. jadi bentukknya seperti pepes gitu.. hehehe...
  • pepes buntil daun singkong



bahan :
1- 2 ikat daun singkong muda, siangi, cuci bersih rebus sampai empuk
1/4 kelapa parut
150 gram ikan asin ---> saya pake ikan asin benggol
sedikit air
daun pisang
tusuk gigi

bumbu halus:
7 buah cabe rawit
1 buah cabe merah ---> saya gak pake soalnya lagi abis.. harusnya pake
2 siung bawang putih
sedikit kencur
sedikit trasi
3 lembar daun jeruk purut
garam gula secukupnya

cara membuat :
panggang ikan asin diatas wajan tanpa minyak dengan api kecil.. sampai matang. lalu ambil dagingnya saja. sisihkan. kemudian haluskan semua bumbu. lalu campur dengan kelapa parut dan suwiran ikan asin dan beri sedikit air biar hasilnya tidak terlalu kering. kemudian ambil daun pisang lalu beri sedikit daun singkong yang telah di rebus.. ratakan.. beri isi campuran kelapa dan ikan asin. lalu tutup dengan daun singkong lagi. ratakan.. agar isiannya gak kelihatan.. hehehe... kemudian gulung (seperti membungkus pepes). lalu sematkan tusuk gigi di kedua ujungnya. lakukan sampai habis.. kemudian kukus selama kurleb 30 menit. setelah matang angkat sajikan.

note :
  • ikan asin benggol memerlukan perlakuan khusus dengan dipanggang karena kalau digoreng mudah hancur. bisa pake ikan asin jenis lain seperti ikan peda dan pindang asin.. kalau kedua jenis ikan asin tersebut bisa digoreng saja.. lalu ambil dagingnya.
  • perhatikan penambahan garamnya.. karena pake ikan asin


  • pepes tahu

bahan dan bumbu :
10 buah tahu ---> ukuran tahunya kecil-kecil
1 batang daun bawang (prei) ---> rajang halus
daun pisang 
tusuk gigi

bumbu halus :
2 siung bawang putih
5 butir bawang merah
sedikit merica
1 sdt garam
2 sdt gula
kaldu bubuk secukupnya


cara membuat :
haluskan bumbu.. lalu masukkan tahu haluskan.. aduk sampai rata. lalu masukkan irisan daun bawang. aduk rata. ambil daun pisang. beri adonan pepes tahu 2-3 sdm. lalu gulung.. sematkan tusuk gigi di kedua ujungnya. lakukan sampai semua habis. kukus selama kurang lebih 30 menit. angkat . sajikan... 

tips :
kadang tahu yang dijual.. ada rasa asamnya. untuk menghilangkan rasa asam, didihkan air. lalu siram pada tahu yang sudah dicuci bersih.. diamkan beberapa saat.. lalu buang airnya... baru tahu bisa diolah sesuai keinginan ;)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar