Kamis, 25 April 2013

resep sayur lodeh kluwih

menurut wikipedia kluwih lebih mirip buah sukun.. kalau dilihat dari bentuk pohon dan bentuk daunnya... tapi saya sendiri belum pernah liat dengan mata kepala sendiri pohonnya kayak apa.. hehehe tapi kalo dibuat untuk sayur, kluwih lebih mirip nangka muda.. cocoknya ya untuk sayur lodeh... bedanya kluwih bentuk buahnya lebih kecil dari nangka muda.. trus getahnya tidak terlalu banyak seperti nangka muda... jadi kalo mo dibuat sayur, kluwih gak perlu dicampahi (bhs. jawa). dicampahi itu direbus dulu sampai empuk trus air rebusan yang tersisa musti dibuang. kali ini aku masak lodeh kluwih yang simpel.. tinggal cemplung-cemplung ajah.. hehehe.. simak ya.. ;)


bahan dan bumbu :
2 buah kluwih bersihkan.. potong-potong
1 buah cabe merah besar, potong-potong
5 buah cabe rawit, potong-potong
4 buah cabe hijau besar, potong-potong
1 buah tomat, potong-potong
2 siung bawang putih, dirajang/ diiris-iris
5 siung bawang merah, dirajang/ diiris-iris
1 ruas ibu jari lengkuas, geprek
3 lembar daun salam
urang dawu atau germut secukupnya
garam gula secukupnya
santan dan air secukupnya

cara membuat :
rebus kluwih dengan air dalam panci. masukkan lengkuas, daun salam dan germut. tutup .. biarkan sampai kluwih empuk dan air menyusut. kalo sudah empuk masukkan cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih. kalo sudah mendidih lagi.. masukkan santan lalu bumbui garam dan gula.. terus masukkan irisan tomat.. aduk jangan biarkan santan pecah.... kalo sudah  mendidih kembali dan rasanya sudah pas. angkat. sajikan

tips :
  • kalau anak anda tak suka pedas.. cabe merah besarnya buang bijinya... memasukkannya bersama bawang merah dan bawang putih... cabe rawit dan cabe hijau besar-nya dimasukkan belakangan.. trus kalo santan dan tomat sudah masuk dan sudah dibumbui plus dicicipi.. tunggu mendidih.. trus ambil sebagian sayur buat anak-anak.. lalu baru masukkan cabe hijau besar dan cabe rawitnya... trus tunggu mendidih lagi. kalo rasanya sudah pas angkat dan sajikan.. jadi ga perlu masak sayur dua kali.. praktiskan! ;)
  • germut atau urang dawu tuh seperti ebi atau udang kering tapi lebih kecil dari ebi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar