Sabtu, 27 April 2013

resep bothok jantung pisang (ontong)

baru tahu.. ternyata jantung pisang atau ontong punya segudang manfaat buat kesehatan.. salah satunya untuk mencegah stroke.. saya suka olahan dari jantung pisang ini.. salah satunya dibuat bothok.. untuk info selengkapnya tentang jantung pisang bisa di klik link di bawah ini :
trus untuk resep bothok ontongnya simak ya... 


bahan:
1 buah ontong 
1 papan tempe
5 buah cabe hijau besar, potong-potong
1 buah tomat, potong- potong
segengam ikan teri (yang kering)
segenggam daun kemangi
1/2 butir kelapa parut 
daun pisang
tusuk gigi
sedikit air

bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 ruas ibu jari lengkuas
7 buah cabe rawit
terasi udang secukupnya
garam gula secukupnya
sedikit tempe medem 

cara membuat :
bersihkan ontong, buang bagian terluarnya (semua yang berwarna merah).. lalu cuci bersih.. belah jadi dua.. kemudian dikukus bersama tempe selama kurang lebih 15 - 25 menit atau bisa juga direbus. setelah ontongnya empuk, angkat .dinginkan.. lalu  potong tempe kotak-kotak kecil. lalu potong-potong juga ontongnya.. ukurannya menyesuaikan dengan potongan tempe. uleg semua bumbu halus. lalu dalam mangkok besar campur bumbu halus dengan kelapa parut. lalu masukkan bahan lainnya seperti: potongan tempe dan ontong lalu cabe hijau, tomat, ikan teri dan daun kemangi. aduk rata. tambahkan sedikit air.. tujuannya agar hasil bothoknya nanti tidak terlalu kering.dicicipi kalo rasanya sudah pas, ambil daun pisang lalu beri 2 - 3 sdm campuran tadi. bungkus dan semat dengan tusuk gigi. lakukan sampai semua habis. didihkan air dalam dandang (pengukus).. lalu kukus selama kurleb 30 - 45 menit. setelah matang.. angkat dan sajikan.. ;)

note:
  • kelapa parut nya jangan yang terlalu tua.. orang jawa bilang klopo nom (kelapa muda) --> tapi bukan degan loh ya.. hehehe.. kalo ibuku bilang sih yang 'kemetan".. gak terlalu tua juga gak terlalu muda...
  • tempe medem tuh.. kalo orang jawa bilang "tempe bosok".. tempe medem/tempe bosok itu tempe yang didiamkan 1-2 hari.. saran saya baiknya dikukus/ direbus dulu sebelum diuleg/ dihaluskan.. butuhnya cuma dikit kok.. fungsinya biar rasa bothoknya tambah manteb hehehe.. biasanya di tukang sayur/ mlijo ada yang jual tuh.. 
  • oh ya jantung pisang atau ontong yang bisa dimasak.. pilih yang dari pisang kepok atau pisang klutuk. saya pernah coba ontong dari pisang susu.. setelah dikukus rasanya getir dan pahit... kalo pisang jenis lainnya kurang tau ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar