Kamis, 25 April 2013

resep praktis dadar (bakwan) jagung manis

saya mau share cara bikin dadar jagung atau bakwan jagung.. biasanya sih kalo bikin dadar jagung tuh ada yang diblender.. ada pula yang diuleg.. tapi kali ini saya buat dadar jagungnya yang gak usah di uleg atau diblender.. cukup disisir/ diiris tipis aja... soalnya aku pake jagung manis.. jagung manis tuh kalo diuleg kan lebih banyak airnya jika dibandingkan jagung biasa. jadi mending disisir ajah... lebih praktis dan dari rasa juga mempengaruhi.. menurut ku sih gitu.. hehehe


bahan dan bumbu :
3 - 4 buah jagung manis, sisir
1 batang daun bawang, rajang halus
1 batang seledri, rajang halus
3 sdm tepung terigu
1 butir telur, kocok
merica bubuk secukupnya
garam secukupnya 
air secukupnya
minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

cara membuat :
masukkan semua bahan dalam mangkok (kecuali minyaknya loh heheh)  campur semua bahan .. aduk rata. ambil 1 sdm lalu goreng dalam minyak panas... goreng sampai kuning kecoklatan.. angkat. tiriskan.. lakukan sampai adonan habis... 

note :

  • kalo pake jagung biasa saya lebih prefer diuleg
  • kalo kata ibuku dadar jagung tuh bumbunya nurut sayur pendampingnya. kalo misalnya lagi masak sayur menir (sayur kunci) maka bumbu dadar jagungnya juga sama seperti sayur menir. kalo lagi masak sayur sop bumbu dadar jagungnya juga sama seperti sayur sop. tapi kalo dadar jagungnya untuk pendamping sayur asem atau sayur lainnya saya belum pernah coba seh.. hehehe. tapi kalo untuk sop atau sayur menir recommended banget...
  • kenapa saya gak pake gula? karena disamping jagungnya sudah manis.. gula juga bikin gorengan cepet gosong.. 

2 komentar:

  1. wiii... saia icip icip matengnya saja.. wahahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan dapet 1 komentar daripada ga sama sekali.... hehehe :P

      Hapus