Minggu, 05 Mei 2013

resep lodeh tewel (nangka muda)

pagi-pagi udah nelpon kakak ipar yang jago masak buat nanyain resep masakan ini.. berhubung kemaren tukang sayur gak ada yang lewat, jadi di kulkas gak ada persediaan apa-apa untuk masak hari ini.. so, nangka muda di kebon disikat dah..hehehe... simak yuk!


bahan :
1 buah tewel (nangka muda), kupas lalu potong-potong sesuai selera --> ukuran nagkanya termasuk kecil tapi hasil jadinya bisa jadi 1 wajan saya yang paling gede..hehehe..(mungkin beratnya 1 kilo-an..  atau malah lebih? tau ah.. maap lupa nimbang... dikira-kira sendiri aja ya, jeng... :D ) 
1200 ml santan dari  1 butir kelapa
100 gram kacang tolo, rebus sampai empuk. ---> opsional (request suami :D )
2 ruas jari lengkuas, belah jadi 2 lalu geprek
5 lembar daun salam
2 sdm gula merah sisir
garam secukupnya
minyak goreng secukupnya untuk menumis

bumbu halus :
7 buah cabe merah, buang bijinya
7 buah cabe rawit ---> sesuai selera
4 siung bawang putih
8 -10 butir bawang merah
1 buah tomat
1 sdt teh ketumbar
5 butir kemiri

cara membuat :
rebus tewel sampai setengah matang. angkat. lalu buang airnya. kemudian rebus lagi sampai benar-benar empuk..  haluskan bumbu. panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu masukkan bumbu halus  dan lengkuas juga salam.. tumis semua sampai harum lalu masukkan tewel yang sudah empuk. aduk rata. kemudian masukkan santan. berikut kacang tolonya. lalu bumbui dengan gula merah dan garam. setelah mendidih cicipi.. kalo sudah pas rasanya..angkat sajikan.

note :

  • kalo pengen lebih enak bisa diberi balungan (tulang) iga sapi/ potongan daging sapi atau daging tetelan caranya: 
  • kalau tulang iga rebus dulu tulang sampai empuk.. lalu air kaldu dan tulang iganya masukkan setelah tewelnya masuk. 
  • kalau daging/daging tetelan, juga direbus dulu sampai empuk. kemudian dipotong-potong sesuai selera baru masukkan daging dan tewel setelah bumbu di tumis. berikut masukkan air kaldunya. 
  • oh ya takaran santannya disesuaikan ya..dengan air kaldu..
  • bumbunya kalo males nguleg.. bisa diblender.. masukkan semua bumbu yang dihaluskan dalam blender tambahkan sedikit air (biar mudah proses penghalusannya).. lalu tuang dalam wajan.. nyalakan kompor... oseng-oseng sampai air menyusut.. baru deh kasih minyak secukupnya untuk menumis.. kalau langsung ditumis dengan minyak biasanya meletup-letup.. boso jowone mbledos-mbledos.. hehehe :P
  • diberi taburan bawang merah goreng lebih sadap loh..

4 komentar: