Sabtu, 08 Maret 2014

resep serabi kinca nangka



bahan serabi :
250 gr tepung beras
3 sdm tepung terigu
1 sdt garam
3 sdm gula pasir
300-400 ml air (pemberian airnya perlu diperhatikan, tuang sedikit demi sedikit sampai seperti adonan peyek tapi lebih sedikit kental)

bahan kinca nangka :
gula merah
santan
nangka dipotong kotak kecil-kecil
daun pandan

cara membuat serabi :
campur semua bahan..aduk menggunakan balon whisk sambil dipukul-pukul..sampai gula larut dan ada gelembung kecil- kecil..lalu diamkan selama kurleb 1 jam..sampai adonan mengembang.. ambil 1-2 sendok sayur.. tuang ke cetakan serabi (berhubung gak punya cetakan serabi yang dari tanah liat.. saya pake cetakan teflon yang isi 5 bunderan..jadi ga perlu kasih minyak/margarin..kalo pake cetakan yg dari wajan kecil aluminium, lengket kalo gak dikasih minyak..tadi sempet nyoba dan gatot)..tutup cetakan ..tunggu 5 menitan..angkat.. (oh ya apinya sedang ajah yah..)

cara membuat kuah kinca:
ma'af untuk ukurannya dikira-kira saja..tadi soalnya lupa gak ditimbang dan gak diukur..manis dan asinnya dikira-kira aja sesuai selera...
rebus gula merah dan santan beri daun pandan..setelah mendidih dan gula larut..angkat dan saring..lalu beri irisan nangka..sajikan bersama serabi... yummy!

note:
untuk membuat saus kinca nangka tinggal tambahin 1 sdm tepung maizena/terigu larutkan dengan sedikit air.. rebus kembali larutan santan dan gulmer yang sudah di saring..kalo sudah mendidih lagi beri larutan maizena/terigu..baru terakhir masukkan irisan nangkanya..angkat..siram di atas serabi... nom..nom.. nom..

selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar